Kamis, 16 Desember 2010

SEMIOTIKA

Semiotika pada desain komunikasi visual

Semiotika adalah ilmu tentang tanda-tanda atau simbol.
Menyampaikan pesan atau informasi secara visual diperlukan suatu gambar yang dapat ditafsirkan harus dengan mudah dan sama oleh semua orang sebagai penerima pesan atau informasi tersebut.

Semiotika dibagi menjadi 3 bagian :
1. Semantik, berkenaan dengan dua makna atau konsep terdapat dua kemungkinan yaitu simbolik yang  didapat di terima secara universal dalam tatanan masyarakat, dan simbolik yang diterima sebagai sebuah pesan regenerasi / turun menurun ( hon shui, feng shui, primbon dll )
Penyampaiannya ada 2 cara yaitu :
  • Denotatif (makna sebenarnya)
    • - cuaca mendung dengan simbol berawan
  • Konotatif ( makna tidak sebenarnya )
    • - Sedih, duka dengan simbil berawan
 Dalam semantik umum dijumpai :

a. Asosiasi yaitu perubahan makna yang terjadi karena persamaan sifat.
Contoh :
- Mudah tumbang saat beraktifitas? (tumbang berarti lelah)
- Tembakannya melahirkan gol!       (tembakan berarti tendangan)
b. Sinestesia yaitu perubahan makna akibat pertukaran antara dua indra yang berlainan.
contoh :
- "seger bener baunya"
- "suaranya sedap didengar"
- "Tendangannya sangat cantik"

Beberapa konsep penyamapi visual :

a. Semantik metafora/Transformasi
contoh : - iklan biskuat (danone) perubahan bentuk dari anak kecil menjadi macan
- Iklan kisspray perubahan air manjadi uang
b. Semantik kontradisi 
contoh :
- Ini dulu ....baru itu (iklan susu dancow)
- yang lebih mahal banyak ..lebih bagus ga ada tuh...(Hit)
-yang lain pasti ketinggalan ( yamaha )
c. Semantik kombinasi
contoh :
- kartun flinstone (cerita jaman dulu dengan teknologi modern)
d. Semantik style
contoh :
Sepia, hitam putih, posmo, etnik, Haigh Tech. dll.

2 Pragmatik, berkenaan dengan teknis atau praktis
Pemaknaan terhadap sesuatu dalam sebuah lingkup tertentu untuk melahirkan suatu pemaknaan yang sama.
contoh :
- Kecepatan disimbolkan dengan kijang, kelinci atau cheetah
- Kekuatan disimbolkan dengan karang, gajah, gorilla
3. Sintaktik, berkenaan dengan keterpaduan dan keseragaman
contoh :
- simbol OT dalam beberapa produk makanan dan minuman yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar