Senin, 20 Desember 2010

PENGERTIAN -PENGERTIAN TENTANG DUNIA GRAFIS


1.             Animasi
    Animasi adalah menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti
setiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan, belakang, ¾ dan samping) detail
muka si karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal,
dll.) lalu pose/ gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu yang menjadi
ciri khas si karakter tersebut. Bahkan seorang ‘Sinchan’ dengan karakter yang sederhana
tetapi mempunyai kekuatan personality-nya sehingga membuat penonton tahu betul sifat-
sifatnya. Jadi perlu diperhatikan bahwa karakter anda bukan sekedar gambar tetapi
mempunyai kelakuan tertentu yang seolah-olah punya jiwa. Karena animasi adalah
membuat gambar anda kelihatan hidup, sehingga kita bisa mempengaruhi emosi
penonton menjadi turut merasa sedih, ikutan menangis, jatuh cinta, kesal, gembira
bahkan tertawa terbahak-bahak.

2.             Audio Visual
Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan suara (audio) dan gambar (visual), biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.
Audio Visual sebagai bentuk komunikasi massa yang dikelola sebagai komoditi agar tersebar luas sesuai dengan sasaran yang dituju, dikemas adalam bentuk berbagai komunikasi seperti TV Comercial, Video Clip, Video profile, Film ataupun animation dan slide to slide.
Gambar bergerak dan bersuara atau yang lebih dikenal dengan nama film, merupakan suatu bentuk komunikasi massa yang didalamnya terdiri dari produser, pemain hingga seperangkat kesenian lain yang sangat mendukung seperti musik, seni rupa, teater, dan seni suara. Semua unsur tersebut terkumpul menjadi komunikator dan bertindak sebagai agen transformasi budaya.

3.  Backdrop
utilitas sederhana untuk mengisi layar dengan jendela kosong raksasa. Isi jendela dengan warna solid atau gambar kustom, pilihan Anda. Hal ini berguna untuk:

• Screenshot - mengambil screenshot dari atau banyak jendela satu tanpa harus membersihkan desktop Anda

• Satu hal pada suatu waktu - Gunakan Backdrop di antara aplikasi untuk membiarkan anda fokus pada beberapa jendela sekaligus. Ingin hanya satu jendela dari sebuah aplikasi? kemudian gunakan Paparan untuk memilih jendela.

• Web desain - membuat gambar ukuran penuh dengan garis-garis besar ukuran layar yang lebih umum untuk membantu memeriksa halaman Anda akan terlihat pada monitor yang berbeda.

4.  Baligho
reklame yang terbuat dari papan kayu/tripleks atau bahan lain yang
sejenis dipasang pada tiang atau kontruksi lain yang sifatnya tidak permanen.

5.  Banner / x-benner
salah satu media promosi yang berfungsi seperti poster,
tetapi Biasanya diletakkkan di depan outlet dan mempunyai rangka sendiri untuk
berdiri. Oleh karena itu disebut stand banner, dinamakan X-banner biasanya
mempunyai rangka berbentuk X. sedangkan "banner" merupakan suatu alat promosi visual maupun teks atau kombinasi visual teks yang dapat dilihat oleh masyarakat umumnya , serta komunitas Internet pada khususnya.

6.  Billboard
Berasal dari kata bill yang artinya poster, karena poster-poster iklan
tersebut kemudian ditempel di papan agar lebih eye cathing maka kemudian dinamakan billboard.
Ada tiga format billboard: poster panel, painted bulletins, dan spectaculars.

7.  Buklet
Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.

8.  Brain image
merek adalah identitas dari suatu produk tertentu, jasa, atau bisnis [1] [halaman diperlukan]. Sebuah merek dapat mengambil banyak bentuk, termasuk, tanda nama, simbol kombinasi, warna atau slogan. Merek Kata dimulai hanya sebagai cara untuk membedakan satu ternak orang dari yang lain dengan menggunakan cap besi panas. Sebuah merek yang dilindungi hukum disebut merek dagang. Kata Merek terus berevolusi untuk mencakup identitas - hal itu mempengaruhi kepribadian perusahaan, produk atau jasa.

Sebuah merek konsep adalah merek yang dikaitkan dengan konsep abstrak, seperti kesadaran kanker payudara, daripada produk tertentu, jasa, atau bisnis. Sebuah merek komoditas adalah merek terkait dengan komoditas. Punya susu? adalah contoh merek komoditas.

Merek adalah kepribadian yang mengidentifikasi produk, jasa atau perusahaan (nama, istilah, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi dari mereka) dan bagaimana kaitannya dengan konstituen kunci: Pelanggan, Staf, Mitra, Investor dll
9.  Brosur
Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.

10. Cergam
Cergam biasa di sebut dengan cerita bergambar yang alur ceritanya melalui gambar dan biasa tanpa menggunakan teks, dan apabila ada teks itupun hanya sedikit.

11. Cerpen
Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel.

12. Company Profil
    Produk karya DKV yang paling lengkap pada umumnya    terdapat sebuah logo atu maskot
Company profile adalah data-data sebuah perusahaan,meliputi:
- bentuk perusahaan P.T. atau C.V, Firma
- alamat kantor dan domisili
- jumlah karyawan staf maupun operational
- modal awal perusahaan
- bankers
- bagan dari susunan organisasi perusahaan
    
13. Desain Grafis
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

14. DKV
Seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.
(http://www.fsrd.itb.ac.id/?s=pengertian+DKV)

15. Dokumenter
Dokumenter adalah Sebuah dokumen (kata benda dari Documentum latin [kemerosotan kedua, gen documentī]: pelajaran, instruksi, peringatan), merupakan representasi fisik atau digital dibatasi dari tubuh informasi yang dirancang dengan kapasitas (dan biasanya maksud) untuk berkomunikasi. Sebuah dokumen dapat bermanifestasi informasi simbolik, diagram atau indera-representasional. Untuk dokumen (kata kerja) adalah untuk menghasilkan artefak dokumen dengan mengumpulkan dan mewakili informasi. Dalam penggunaan prototipikal, dokumen dipahami sebagai artefak kertas, yang berisi informasi dalam bentuk tanda tinta. Semakin dokumen juga dipahami sebagai artefak digital.




16. Foto essai / Jenis foto
Sebuah esai foto (atau "esai fotografi") adalah seperangkat atau serangkaian foto yang dimaksudkan untuk cerita atau membangkitkan serangkaian emosi pada penampil.
Sebuah esai foto akan sering menampilkan gambar secara bertahap emosional yang dalam.
Foto esai berkisar dari karya-karya fotografi murni untuk foto-foto dengan keterangan atau catatan kecil untuk teks lengkap esai dengan banyak atas foto atau sedikit.

17. Fotografi
Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "Fos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

18. Headline
Headline sama dengan topic judul atau tema yang biasa ada di koran, majalah dan lain-lain. Headline umumnya ditulis oleh editor copy , tetapi juga dapat ditulis oleh penulis, perancang tata letak halaman atau editor berita atau redaktur pelaksana. (http://en.wikipedia.org/wiki/Headline)

19. Hanging
Hanging merupakan media komunikasi grafis yang terbuat dari kertas, karton, plastik, dan lain-lain. Umumnya tercetak dengan satu atau dua muka atau lebih, dipasang dengan cara digantung agar dapat berputar dan dilhat bergantian.


20. Icon
Tanda yang memunculkan kembali benda atau realitas yang ditandainya misalnya foto atau peta.
(Buku pengantar teori komuniksi)

21. Iklan
Iklan adalah :
1. Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
2. Memberitahukan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasangkan di media massa (seperti surat kabar atau majalah) atau ditempat umum.
(sumber: http://kamusbahasaindonesia.org/iklan)

22. Kaligrafi
Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan.
Kaligrafi merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika. Keindahan bentuk ini mempunyai pengertian yang umum, artinya bentuk huruf tersebut tidak hanya berlaku untuk huruf-huruf tertentu atau asal dari jenis huruf tertentu. Salah satu contoh, misalnya kaligrafi tidak hanya berlaku untuk bentuk atau jenis huruf Arab (Hijaiyyah) saja, tetapi dapat juga berlaku untuk jenis-jenis huruf yang lain. Sehingga kata kaligrafi berlaku untuk umum, keindahan hurufnya bersifat umum, universal dan global. Kaligrafi tidak hanya untuk mengungkapkan secara visual ayat atau surat-surat yang ada di Al Quran dan Al Hadits saja, tetapi juga bisa untuk mengungkapkan kalimat-kalimat sastra yang berbentuk huruf Latin, huruf China, huruf Jepang, huruf India, huruf Sansekerta maupun huruf Jawa.

23. Karya Desain
     Karya desain adalah hasil dari sebuah konsep selalu di nawali dengan latar belakang sebagai dasar bpemikiran yang sangat bergantung dengan wawasan keilmuan dan pengalaman sehingga mampu menangkap sebuah fenomena mengidentifikasikan masalah memunculkan sebuah kebutuhan sehingga sampai pad aide solusi yang berupa sebuah karya

24. Katalog
Katalog berasal dari bahasa Latin 'catalogus'yang berarti daftar barang atau benda yang disusun untuk tujuan tertentu.
Katalog merupakan media komunikasi grafis berbentuk buku yang di dalamnya berisi aneka jenis produk, harga, dan cara penggunaannya.

25. Komik
Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

26. Komposisi
1. Komposisi adalah suatu tindakan seni atau cara merangkai, menata, dan membentuk berbagai unsur yang hendak ditampilkan dalam suatu foto menjadi tampilan yang baik, menarik, dan enak dilihat.
(sumber: kutipan buku “memotret anak-anak”, PT.Gramedia Pustaka Utama)

2. Komposisi adalah seni integrasi warna,garis, dan bidang untuk mencapai kesatuan yang harmonis.
(Sumber:http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fkamusbahasaindonesia.org%2Fkomposisi&h=2f325qD6bf4q4Iooc0xwCBu7v0A)


27. KOmunikasi Massa
Proses penyampaian informasi, Ide dan sikap kepada banyak orang, biasanya dengan menggunakan mesin, media yang diklasifikasikan kedalam media massa seperti radio siaran, televisi siaran, surat kabar, majalah dan film. (Buku pengantar teori komuniksi)

Suatu tipe komunikasi manusia (human communication) yang lahir bersamaan dengan mulai digunakannya alat-alat mekanik yang mampu melipat gandakan pesan-pesan komunikasi (Buku Teori komunikasi massa, oleh wirayanto)


28. Corporate Identity
pengertian : Identitas Perusahaan atau Jati diri Perusahaan (bahasa Inggris: Corporate Identity) adalah semua perwakilan atau perwujudan media visual dan fisik yang menampilkan suatu jati diri organisasi sehingga dapat membedakan organisasi/perusahaan tersebut dengan organisasi/perusahaan lainnya.
Dalam bidang desain komunikasi visual, bentuk paling sederhana dari jati diri perusahaan adalah simbol.

29. Leaflet
Sebuah lembar cetakan kertas, dari satu halaman, atau satu lembar dilipat
atas, berisi iklan, saluran, atau pemberitahuan lainnya,
dan biasanya dibagikan secara gratis atau termasuk dalam
paket dengan barang yang dibeli.




30. Layout
Layout atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan tata letak adalah pengaturan tulisan-tulisan dan gambar-gambar.
Layout atau tata letak merupakan satu keputusan yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalm jangka panjang. Banyak dampak strategis yang terjadi dari hasil keputusan tentang layout, diantaranya kapasitas, proses, fleksibilitas, biaya, kualitas lingkungan kerja, kontak konsumen dan citra perusahaan. Layout yang efektif membantu perusahaan mencapai sebuah strategi yang menunjang strategi bisnis yang telah ditetapkan diantara diferensiasi, biaya rendah maupun respon cepat.

31. Literatural
Sastra (dari littera Latin; surat) adalah seni karya tertulis. Secara harfiah diterjemahkan, literatur kata berarti "kenalan dengan huruf" (seperti dalam "seni dan huruf"). Dua paling dasar kategori sastra tertulis mencakup fiksi dan non fiksi
Orang kadang-kadang membedakan antara "literatur" dan beberapa bentuk populer dari pekerjaan tertulis. Istilah "fiksi sastra" dan "jasa sastra" berfungsi untuk membedakan antara karya individu. Kritik dapat mengecualikan karya dari klasifikasi "sastra," misalnya, atas dasar tata bahasa yang buruk atau sintaks, cerita dipercaya atau terputus-putus, atau karakterisasi tidak konsisten. Kadang-kadang, kerja mungkin dikecualikan berdasarkan subjek yang berlaku atau tema: genre fiksi seperti roman, fiksi kriminal, fiksi ilmiah, horor atau fantasi semuanya telah dikeluarkan pada satu waktu atau lain dan tokoh sastra, dan tergantung pada modus yang dominan , mungkin atau mungkin tidak kembali ke mode.


32. Maskot
Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Maskot pada umumnya merepresentasikan kepada masyarakat luas dari sekolah, universitas, klub olah raga, ataupun pengembangan atas suatu produk komersial. Setiap Maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari Maskot itu sendirin

33. Marketing
Marketing atu pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
(Sumber:http://kamusbahasaindonesia.org/pemasaran)


34. Media Iklan
Media iklan adalah bahan atau penempatan iklan sesuai dengan karakter dan jenis produk ilkannya (indoor atau outdoor)

35. Media Kampanye
    Sarana untuk mengkomunikasikan serta mengajak masyarakat umum agar menjadi salah satu bagian dari golongan    tersebut.

36. Media Promosi
Media promsi adalah sarana untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana fungsi tersebut mempunyai sifat dasar agar seseorang mengetahui sesuatu, yaitu mengkomunikasikan, meyakinkan, mengarahkan.
(Sumber: http://www.dimensigraphic.com/infront)

37. Metode
Metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
(Sumber:http://kamusbahasaindonesia.org/metode)

38. Metodologi
Metodologi adalah ilmu-ilmu yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
(Sumber:http://id.wikipedia.org/metodologi)



39. Media Interaktif
media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan pada sistem berbasis komputer digital yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, grafik, animasi, video, audio dll
(http://en.wikipedia.org/wiki/Product_design)

40. Movie
Film adalah artefak budaya yang diciptakan oleh budaya tertentu, yang mencerminkan budaya, dan, pada gilirannya, mempengaruhi mereka. Film ini dianggap sebagai bentuk seni yang penting, sumber hiburan populer dan metode yang kuat untuk mendidik - atau mengindoktrinasi - warga negara. Unsur visual film bioskop memberikan kekuatan universal komunikasi. Beberapa film telah menjadi atraksi populer di seluruh dunia dengan menggunakan dubbing atau sub judul yang menerjemahkan dialog ke dalam bahasa penampil.
Film terdiri dari serangkaian gambar individu yang disebut frame. Ketika gambar-gambar akan ditampilkan dengan cepat dalam suksesi, penampil memiliki ilusi bahwa gerak terjadi. penampil tidak dapat melihat berkedip-kedip antara frame disebabkan oleh efek yang dikenal sebagai kegigihan dari visi, dimana mata mempertahankan citra visual sepersekian detik setelah sumber telah dihapus. Pemirsa melihat gerak akibat efek psikologis yang disebut gerakan beta.
Asal dari "film" nama berasal dari fakta bahwa film fotografi (juga disebut film stock) secara historis menjadi media utama untuk merekam dan menampilkan gambar bergerak. Banyak istilah lain yang ada untuk gambar gerak individu, termasuk gambar, menampilkan gambar, gambar bergerak, foto-bermain dan film. Sebuah nama umum untuk film di Amerika Serikat adalah film, sedangkan di Eropa bioskop istilah atau film lebih disukai. persyaratan tambahan untuk bidang pada umumnya termasuk layar lebar, layar perak, bioskop dan film.

41. Novel
sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti "sebuah kisah, sepotong berita".


42. Pamflet
pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah.


43. Produk Desain
Desain Produk prihatin dengan generasi yang efisien dan efektif dan pengembangan ide-ide melalui proses yang mengarah ke produk baru.
Desainer Produk konsep dan mengevaluasi ide, membuat mereka nyata melalui produk dalam pendekatan yang lebih sistematis. Peran mereka adalah untuk menggabungkan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan barang-barang tiga dimensi yang nyata. Peran berkembang telah difasilitasi oleh perangkat digital yang memungkinkan desainer untuk berkomunikasi, memvisualisasikan dan menganalisa ide-ide dengan cara yang akan mengambil tenaga yang lebih besar di masa lalu.


44. Proporsi
Proporsi adalah ;
1. perbandingan antara yang lurus dan yang tidak lurus adalah 2 dengan 3.
2. Perimbangan
(Sumber:http://kamusbahasaindonesia.org/proporsi)

45. Poster
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

46. Rana
     Rana dalam istilah fotografi adalah tirai pada kamera     yang menutupi permukaan atau sensor foto.

47. Reklame
Reklame adalah benda, alat perbuatan atau media yang menurut bentuk, susunan dan atau corak ragamnya untuk tujuan komersil dipergunakan untuk memperkenalkan,
menganjurkan atau memujikan suatu barang, jasa ataupun untuk menarik perhatian umum kepada suatu barang, jasa, seseorang atau badan yang diselenggarakan/ditempatkan atau dapat dilihat, dibaca dan atau didengar dari
suatu tempat oleh umum.


48. Seni Grafis
Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak.

49. Selebaran
Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran

50. Simbol
Tanda yang memiliki hubungan dengan obyeknya berdasarkan konvensi, kecepatan, atau aturan kata-kata umumnya adalah symbol.
(Buku pengantar teori komuniksi)

Simbol berasal dari kata symballo yang berasal dari bahasa Yunani. Symballo artinya ”melempar bersama-sama”, melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol dapat menghantarkan seseorang ke dalam gagasan atau konsep masa depan maupun masa lalu.[1] Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Semisal ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan. Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata, namun juga melalui gerakan dan ucapan. Simbol juga dijadikan sebagai salah satu infrastruktur bahasa, yang dikenal dengan bahasa simbol.
Simbol paling umum ialah tulisan, yang merupakan simbol kata-kata dan suara. Lambang bisa merupakan benda sesungguhnya, seperti salib (lambang Kristen) dan tongkat (yang melambangkan kekayaan dan kekuasaan). Lambang dapat berupa warna atau pola. Lambang sering digunakan dalam puisi dan jenis sastra lain, kebanyakan digunakan sebagai metafora atau perumpamaan. Lambang nasional adalah simbol untuk negara tertentu.

51. Sinematografi
Sinematografi adalah kata serapan dari bahasa Inggris Cinematography yang berasal dari
bahasa Latin kinema 'gambar'. Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmuyang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita).
(http://belajarnge.blogspot.com/2008/07/pengertian-sinematografi.html)

Sinematografi adalah kata serapan dari bahasa Inggris Cinematography yang berasal dari bahasa Latin kinema 'gambar'. Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmuyang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita).

52. Skenario
Cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.

Formatnya disusun sedemikian rupa sehingga 1 halaman biasanya menghabiskan waktu 1 menit. Tulisan standar untuk skenario adalah Courier ukuran 12. Terdapat sejumlah program komputer yang dibuat khusus untuk membuat skenario, seperti Celtx, DreamaScript, Final Draft, Movie Outline 3.0, FiveSprockets, Montage, dll
Komponen-komponen utama dalam skenario terdiri dari aksi dan dialog. Aksi merujuk kepada "apa yang kita lihat" dan dialog merujuk kepada "apa yang dituturkan oleh tokoh". Tokoh-tokoh dalam skenario juga dapat diperkenalkan dalam bentuk visual di awal cerita.

53. Skrip
Bahasa skrip atau bahasa skripting (Bahasa Inggris: scripting language) adalah bahasa pemrograman komputer yang diinterpretasikan secara khas dan dapat diketik langsung dari keyboard oleh pengguna. Skrip berbeda dengan program, karena program harus dikonversi terlebih dahulu secara permanen menjadi berkas biner tereksekusi (yaitu nol dan satu) sebelum dijalankan.
Script, merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.

54. Slogan
Slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. Kata "slogan" sendiri diambil dari istilah dalam bahasa Gaelik, sluagh-ghairm, yang berarti "teriakan bertempur". Bentuk slogan bervariasi, dari yang tertulis dan terlihat, sampai yang diucap dan yang vulgar. Pada umumnya bentuk retorika sederhananya memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci, selain itu juga disampaikan dalam bentuk ekspresi sosial dari tujuan bersama, daripada proyeksi dari beberapa orang saja.

55. Spanduk
Media komunikasi grafis yang dibuat panjang yang dipasang dengan direntangkan di atas atau di tepi jalan secara horizontal, Pesannya singkat mengingat formatnya relatif sempit, dan yang harus cepat terbaca. Hurufnya harus besar dengan warna mencolok dan komunikatif.

56. Sponsor
Sponsor adalah :
1. Orang atau perusahaan (memelopori, memprakarsai, mengusulkan,menyelenggarakan) suatu kegiatan.

2. Pendukung atau pendorong

57. Tagline
Tagline adalah varian dari slogan branding biasanya digunakan dalam pemasaran bahan dan iklan . Ide di balik konsep tersebut adalah untuk menciptakan sebuah frase kenangan yang akan jumlah nada dan premis dari sebuah merek atau produk (seperti film), atau untuk memperkuat penonton memori suatu produk. Beberapa slogan yang cukup berhasil untuk menjamin dimasukkannya dalam budaya populer .



58. Tipografi
Ilmu yang mempelajari tentang pengolahan dan eksplorasi perubahan huruf Ilmu yang mempelajari tentang huruf ( Buku Desain grafis komputer )

Tipografi adalah Ilmu yang mempelajari tentang Huruf dan penggunaan Huruf dalam aplikasi desain komunikasi visual (http://id.wikipedia.org/wiki/Huruf_dan_Tipografi)

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

59. Umbul-umbul
Umbul-umbul merupakan media komunkasi grafis yang terbuat dari kain yang prinsipnya tidak berbeda dengan spanduk, namun pemasangan dilakukan secara vertikal. Pesannya sedkit, berfungsi sebagai dekoratif dan membentuk suasana lingkungan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar